fbpx

Contoh Soal Uji Friedman

Berikut adalah contoh soal Uji Friedman:

Seorang peneliti ingin meneliti apakah musik memiliki efek pada upaya psikologis yang dibutuhkan ketika melakukan olahraga. Variabel dependennya adalah โ€œupaya yang dirasakan ketika olahragaโ€ dan variabel independennya adalah โ€œjenis musikโ€, yang terdiri dari tiga kelompok : โ€œtidak menggunakan musikโ€, โ€œmusik klasikโ€ dan โ€œmusik dansaโ€.

Untuk menguji apakah musik memiliki efek pada upaya psikologis yang dirasakan ketika melakukan olahraga, peneliti merekrut 12 pelari yang masing-masing berlari di treadmill selama 30 menit. Untuk konsistensi, kecepatan treadmill sama untuk semua tiga putaran. Dalam urutan acak, setiap subjek berlari:

(a) tidak menggunakan musik;
(b) menggunakan musik klasik;
(c) mendengarkan musik dansa.

.tg-wrap {padding-bottom:20px;} .tg {border-collapse:collapse;border-spacing:0;margin:0px auto;} .tg td{border-bottom-width:1px;border-color:black;border-style:solid;border-top-width:1px;border-width:0px; font-family:Arial, sans-serif;font-size:14px;overflow:hidden;padding:10px 5px;word-break:normal;} .tg th{border-bottom-width:1px;border-color:black;border-style:solid;border-top-width:1px;border-width:0px; font-family:Arial, sans-serif;font-size:14px;font-weight:normal;overflow:hidden;padding:10px 5px;word-break:normal;} .tg .tg-6k50{text-align:center;vertical-align:middle} .tg .tg-sx1p{font-weight:bold;position:-webkit-sticky;position:sticky;text-align:center;top:-1px;vertical-align:middle; will-change:transform} .tg .tg-awal{width: 30%;font-weight:bold;position:-webkit-sticky;position:sticky;text-align:center;top:-1px;vertical-align:middle; will-change:transform} .tg .tg-nrix{text-align:center;vertical-align:middle} @media screen and (max-width: 767px) {.tg {width: auto !important;}.tg col {width: auto !important;}.tg-wrap {overflow-x: auto;-webkit-overflow-scrolling: touch;margin: auto 0px;}}
None Classical Dance
8 8 7
7 6 6
6 8 6
8 9 7
5 8 5
9 7 7
7 7 7
8 7 7
9 6 8
7 6 6
7 8 6
9 9 6

Pada akhir setiap putaran, subjek diminta untuk mencatat seberapa sulit sesi berlari terasa pada skala 1 sampai 10, dengan 1 menjadi mudah dan 10 sangat sulit. Tes Friedman kemudian dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan dalam upaya yang dirasakan berdasarkan jenis musik. Gunakan alpha 5%.


Materi Lengkap

Untuk lebih memperdalam materi Uji Friedman, maka Anda bisa baca juga bagian berikut:


Tonton juga playlist pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!