fbpx

Seputar SPMB PolStat STIS 2021 | Gimana Sih, Sensasi Saat Ujian?

Halo sobat belajar statistik! Gimana nih persiapan buat masuk STIS? Ngomong-ngomong, pada kepo ga nih, gimana sih rasanya, saat mengikuti ujian masuk STIS? Apakah santai atau malah deg-degan? Kali ini, aku akan menceritakan pengalaman aku pribadi sewaktu mengikuti ujian masuk STIS 2020 sekaligus tips-tips agar bisa lolos masuk STIS. Yuk, letโ€™s go!


๐Ÿ“ Tahap Pendaftaran

Sebelum melaksanakan ujian, pastinya kita perlu melakukan pendaftaran ya, sobat. Kita dapat melakukan pendaftaran di portal berikut.

Lakukan dengan teliti dan hati-hati ya! Perlu kalian catat kata sandi akun kalian, karena ini penting banget buat keperluan ke depannya guys. Saat sedang melakukan pendaftaran, kita disuruh untuk memilih lokasi ujian. Sayangnya, kita tidak bisa memilih tanggal ujian. So, persiapkan ujian dengan matang ya!


1๏ธโƒฃ Tahap 1 (Seleksi Kompetensi Dasar)

Rasanya, waktu berjalan dengan cepat. Tanggal 29 Juli 2020, aku melaksanakan tes tahap 1 yakni SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

Seleksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS. Sewaktu itu, aku ujian di Kantor Regional V BKN. Kebetulan mendapatkan sesi 2. Para peserta ujian diharuskan untuk mengenakan atasan putih berkerah dan bawahan (celana atau rok) gelap.

Sampai di sana, kita diminta untuk duduk dan mendengarkan arahan dari petugas ujian. Karena saat itu kondisi wabah Covid-19 masih menggemparkan, para peserta pun dituntut untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Setelah cukup lama menunggu, peserta ujian sesi 2 dipersilakan untuk memasuki ruangan. Kami menitipkan barang-barang di loker yang telah disediakan dan hanya diperbolehkan untuk membawa pensil dan pulpen ke ruang ujian. Awalnya sedikit nervous, badan pun mendadak dingin seperti habis mandi subuh-subuh. ๐Ÿ˜€

Tapi, aku pasrahkan saja sama yang di atas. Toh, semua sudah ada jalannya. Di ruanganku, hanya terdapat sekitar 20 peserta ujian. Aku melihat sekeliling, iseng melihat ekspresi mereka. Ada yang tegang, serius, bahkan ada yang ketawa-ketiwi entah apa sebabnya. Di ruangan ini, setiap bangku yang di tempati peserta pasti terdapat 1 buah komputer yang akan menjadi sarana ujian nanti.

Waktu ujian SKD hanyalah 90 menit. SKD sendiri ada tiga macam, yakni:

  • Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 35 butir soal,
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 butir soal, dan
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 butir soal.

Selama proses pengerjaan soal, ruang tes menjadi sunyi. Selesainya mengerjakan soal, kita dapat langsung melihat skor ujian yang tertera langsung di monitor kalian. By the way, selama pengerjaan, skor kalian di tampilkan secara live di YouTube guys, jadi keluarga di rumah pun bisa memantau perkembangan kalian saat mengerjakan soal. Tapi waktu itu, aku sih ga bilang sama keluarga di rumah gess xixi. Jangan ditiru yaa.. ๐Ÿ˜€

๐Ÿ’ก Tips Ujian Tahap 1

โœ… Persiapkan semua barang dengan lengkap

Persiapkan semuanya dari rumah, baik alat tulis, kartu ujian, dan jangan lupa pakai masker ya. Kenapa harus dipersiapkan? Iya dong, karena kalau ada aja 1 barang yang ketinggalan, pasti kalian jadi panik. Hal tersebut akan mengurangi konsentrasi kalian saat mengerjakan ujian.

โœ… Saat hari-H, usahakan tidak belajar di lokasi ujian

Kalau ini, tergantung sama diri kalian ya guys. Kalo aku pribadi menyarankan untuk cukup belajar di rumah aja sewaktu hari-H ujian. Dan belajarnya pun jangan yang berat-berat. Seperti membaca ulang rangkuman materi. Atau bisa juga melihat pembahasan soal-soal di youtube. Ini membantu banget sih, karena ketika belajar dengan menonton youtube, kita bisa mendapatkan banyak asupan materi, namun ga begitu banyak mengeluarkan energi.

โœ… Usahakan datang maksimal 30 menit sebelum ujian

Ini yang perlu diperhatikan ya guys. Jangan sampai datang terlambat. Ketika sampai di lokasi ujian, manfaatkan waktu untuk menenangkan pikiran, menyemangati diri, dan perbanyak berdoa.

โœ… Pasrahkan hasil kepada yang di atas

Ini juga penting banget. Jangan sampai, saat mengerjakan ujian, kalian menjadi tidak fokus karena yang ada dipikiran kalian adalah โ€œaku harus lolosโ€. Ini nggak bener gess. Udah, santai aja, kerjain sebisa kalian.

โœ… Perhatikan waktu

Jangan sampai hanya berkutat disatu soal aja ya. Kalau dirasa susah, lewati dan kerjakan soal selanjutnya. Semangat!


2๏ธโƒฃ Tahap 2 (Tes Matematika)

Ujian tahap 2 ini adalah tes matematika.

Aku mendapat giliran tes pada 22 Agustus 2020 di kampus Politeknik Statistika STIS. Kebayang gak sih, rasanya ujian di calon kampus :D. Aku dapat jadwal tes siang. Meskipun begitu, aku sudah datang di lokasi ujian jam 11 siang guys. Jadi disana, aku nunggu di parkiran depan minimarket sekitar PolStat STIS.

Sebelum ujian, jangan lupa makan ya! Makan sewajarnya, jangan kebanyakan, nanti jadi ngantuk xixi. Sekitar jam 12-an peserta ujian udah mulai datang. Aku pun bersiap untuk masuk ke kampus. Persis di depan masjid kampus, terdapat kursi yang berjajaran dengan rapi. Kami diperingatkan untuk selalu menjaga jarak. Aku pun duduk di salah satu kursi dan bermain hp selagi menunggu giliran buat masuk ruangan.

Gak lama kemudian, kami dipersilakan untuk memasuki kampus lewat pintu yang ada di depan. Menaruh barang di sebuah ruangan dan bergegas mengambil alat tulis, serta kartu ujian. Kami pun berjalan mengikuti petugas dengan memerhatikan jarak (ingat, protokol kesehatan). Hingga tiba di ruang ujian, seperti ujian sebelumnya, semua bangku tertata rapi. Di setiap bangku terdapat sebuah komputer.

Sebelum memulai tes, para peserta diberi waktu untuk ke toilet bagi yang berkenan. Peserta juga diperbolehkan untuk minum. Mendengar hal tersebut, mataku langsung berbinar. Karena merasa haus, aku bergegas mencari air mineral yang disediakan di sana, hehe. Tak lama, ujian pun dimulai. Para pengawas sangat ketat dalam mengawasi peserta. Hingga selesai ujian, skor pun langsung muncul di layar monitor. Selepas itu, kami segera keluar ruangan dan mengambil barang-barang di ruang penyimpanan barang.

๐Ÿ’ก Tips Ujian Tahap 2

โœ… Banyak latihan soal

Kalian bisa mengikuti try out yang biasanya diselenggarakan oleh mahasiswa STIS. Bisa juga dari sumber manapun, asal kalian rajin berlatih soal.

โœ… Fokus pada materi yang belum dikuasai

Gak harus belajar itu-itu mulu ya. Sesekali belajar materi yang menurut kalian itu susah.

โœ… Jaga kesehatan

Tidur dan makan yang teratur.


3๏ธโƒฃ Tahap 3 (Tes Kesehatan dan Kebugaran)

Akhirnya, kita sampai juga di tahap tes terakhir. Ya, tes kesehatan dan kebugaran. Bagi yang kepo, apa aja sih yang di periksa? Ini nih rangkaian tes kesehatan tahun 2020.

๐Ÿ”ฌ Pemeriksaan Laboratorium

  1. Darah lengkap
  2. Urine lengkap
  3. Metabolisme gula (gula puasa dan gula 2 jam PP)
  4. Fungsi hati (SGOT dan SGPT)
  5. Fungsi ginjal (Kreatinin dan Ureum)
  6. Metabolisme lemak (Cholsterol total dan Trigliserida)

๐Ÿฅ Pemeriksaan Non Laboratorium

  1. Thoraks rontgen
  2. Pemeriksaan fisik dokter
  3. EKG

Nah guys, sebelum melaksanakan pemeriksaan, kita diharuskan untuk melakukan puasa selama 12 jam sejak malam hari hingga waktu pengambilan darah. Meskipun tidak boleh makan, tapi masih diperbolehkan untuk minum air putih. Ingat, air putih. Tidak diperbolehkan untuk minum teh, kopi, susu, dll walaupun tanpa gula.

Lokasi tes kesehatan dilakukan di laboratorium klinik Prodia. Biaya untuk tes ini sekitar Rp 800.000 โ€“ Rp 1.100,000,- tergantung daerah tes ya guys.

Sekitar jam 9 aku sudah sampai di sana. Peserta diperkenankan untuk memakai pakaian bebas rapi. Tes pertamaku adalah pengambilan darah. Selepas itu pengambilan urine. Setelahnya, kita diminta untuk sarapan. Kita di suruh untuk mencatat waktu saat sarapan karena 2 jam setelah makan kita akan melakukan pengambilan darah lagi gess.

Seusai makan, aku masuk ke sebuah ruangan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Dokter hanya menggerakkan beberapa bagian tubuh untuk mengecek kondisi tubuh. Ga aneh-aneh kok, santai ajaa. Selepas itu, aku melakukan tes buta warna. Dilanjut dengan tes penglihatan. Jadi, kita disuruh untuk menebak tulisan kecil menggunakan salah satu mata secara bergantian. Sesudahnya, aku melakukan pemeriksaan EKG dan dilanjut dengan rontgen. Oh iya, jangan lupa ya, 2 jam setelah makan, dilakukan pengambilan darah lagi. Setelah itu, melakukan pembayaran dan pulang! hehe.

๐Ÿ’ก Tips Tes Kesehatan

โœ… Jaga pola makan (4 sehat 5 sempurna)

โœ… Tidur cukup

โœ… Rutin berolahraga

โœ… Jangan stress, hehe


๐ŸŽ‰ Pengumuman Tahap Akhir

Ini adalah momen paling penting dan bikin gak bisa tidur. Jumat adalah hari dimana tahap akhir diumumkan. Saking semangatnya, hari Jumat jam 12 pagi, aku segera mengecek pengumuman. Seperti dugaanku, pengumuman belum keluar. Aku pun memutuskan untuk tidur dan berharap pengumuman akan keluar esok pagi.

Esoknya, aku masih memantau web, namun, pengumuman tahap akhir belum kunjung keluar. Seharian penuh aku terus memantau web sambil memasang muka mengenaskan. Alhasil, pengumuman belum juga keluar.

Sebenarnya, pusing juga sih, karena orang-orang di rumah selalu menanyakan hal yang sama setiap menit, hiks. Tapi, ya sudah lah, dengan gabutnya, aku tetap memantau web sampai pengumuman tiba. Merasa sudah lelah digantung selama berhari-hari, akhirnya pengumuman pun keluar! Alhamdulillah hasilnya seperti yang diharapkan ๐Ÿ˜€


Sampai disini cerita pengalamanku saat melaksanakan tes masuk Polstat STIS! Bagi kalian yang ada pertanyaan atau mungkin mau sharing-sharing juga, jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar ya! See u soon di kampus otista tercinta! ๐Ÿ‘‹๐Ÿป

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up