fbpx

Seputar SPMB PolStat STIS 2021 | Seleksi Tahap 2 Susah? Catat 5 Tips Penting Ini!

Halo sobat belajar statistik, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Kalian tahu gak sih, pelaksanaan seleksi Politeknik Statistika STIS sudah mulai dilaksanakan sejak 1 Juni lalu. Adakah di sini, sobat yang sudah “mencicipi” seleksi tahap I? Atau, malah ada yang gak sabar menanti pengumuman hasil seleksi tahap I? Semoga kalian bisa menerima apapun hasilnya nanti, ya. Daripada galau berjamaah nungguin pengumuman seleksi tahap awal, lebih baik manfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri di seleksi tahap II. Kira-kira, apa aja sih yang harus dipersiapkan?


Gali Informasi SPMB Tahun Sebelumnya

Berhubung seleksi tahap II ini ialah Matematika dan Psikotes, setidaknya sobat harus punya gambaran tentang mekanisme ujiannya. Tabel di bawah ini menunjukkan perbedaan mekanisme antara SPMB tahun 2019 dan 2020.

Rincian Tes SPMB STIS 2019 SPMB STIS 2020
Pelaksanaan Tes Matematika Seleksi Tahap 1 Seleksi Tahap 2
Jumlah Soal Matematika 60 40
Waktu Ujian Matematika 90 Menit 90 Menit
Psikotes Ada Tidak Ada
Tes Kesehatan dan Kebugaran Ada Ada

Biasanya, tipe soal yang diujikan dari tahun ke tahun tidak akan jauh berbeda. Untuk Tes Matematika, tidak ada skor minimum yang harus dicapai, karena kelulusan peserta akan bergantung pada hasil pemeringkatan. Pada Tes Matematika, jawaban benar bernilai +4, jawaban salah bernilai -1, dan jawaban kosong bernilai 0.

Pada saat mengerjakan Psikotes, pastikan kamu menjawabnya dengan teliti, stabil, jujur, dan konsisten. Berikut ini merupakan gambaran besar mengenai tes yang diujikan berdasarkan pengalaman Psikotes SPMB STIS 2019.

  • Memecahkan riddle
  • Tes kraepelin
  • Tes wartegg
  • Gambar pohon
  • Gambar orang
  • Tes kepribadian
  • Deskripsi diri

โœ… List Materi yang Belum dikuasai

Jangan hanya berkutat pada materi yang sudah kalian pahami. Tulis materi apa aja yang belum kalian pahami. Atur waktu untuk mempelajari materi tersebut dan pelajari dengan konsisten, ya! Nah untuk mengetahui materi apa saja yang diujikan, khususnya pada Tes Matematika, bisa kalian lihat disini.

โœ… Jangan Hanya Belajar dari 1 Sumber

Zaman serba canggih, tapi belajar cuman dari 1 buku? Rugi, beneran deh. Sekarang ini sudah ada banyak platform dan aplikasi gratis yang menyediakan materi dan latihan soal lengkap dengan pembahasannya. Seperti Youtube, Zenius, Ruangguru, hingga Belajar Statistik. Eh, yang terakhir, jangan emosi ya? ๐Ÿ˜

โœ… Perbanyak Latihan Soal

Yakin sudah paham betul dengan materinya? Hei jagoan, kerjain banyak soal yuk! Supaya lebih terpacu semangat belajarnya, coba untuk membuat target kecil. Misalnya, seperti menargetkan diri untuk bisa menghabiskan 200 soal dalam 1 hari atau 200 soal dalam 24 jam. Lah, sama aja dong!

โœ… Jaga Kondisi Tubuh

Di tengah Pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, sobat juga harus menjaga kesehatan tubuh, baik dari luar maupun dari dalam. Seperti mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup. Belajar memang harus, tapi jangan terlalu memforsir diri. Boleh-boleh aja sesekali minum kopi sambil menikmati senja di teras rumah, asal jangan keterusan. Nanti maag!


Itu dia lima tips untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi tahap II Politeknik Statistika STIS. Bagi sobat yang memiliki pertanyaan atau ingin menyampaikan kesan pesan pada artikel kali ini, kami tunggu di kolom komentar ya! Terima kasih telah menjadi sobat belajar statistik, sampai jumpa di lain waktu! ๐Ÿ–

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up