fbpx

Analisis Data Eksploratif : Ukuran Proporsi Terhadap Total Baris

๐Ÿ“‹ Daftar Isi

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa asosiasi antar dua variabel kualitatif tidak hanya koefisien kontingensi dan ukuran proporsi terhadap total baris. Pada artikel ini akan dijelaskan ukuran asosiasi yang lain.

Pengertian Ukuran Proporsi Terhadap Total Baris

Proporsi terhadap total baris kita hitung jika ingin mendeskripsikan kondisi setiap kategori dalam variabel kolom. Proses penghitungannya hampir sama pada poin A, hanya berbeda pada referensi total yang digunakan.

Kita akan menggunakan tabel kontingensi yang sama seperti pada artikel sebelumnya, yaitu Tabel Kontingensi Kadar Gula Darah dan Kesembuhan Pasien Covid19 di Rumah Sakit A.

Buat tabel untuk menghitung proporsi terhadap total baris. Hitung proporsi setiap cell pasangan kategori, untuk cell Normal-Sembuh hitung dengan rumus =B14/$D14*100

Lakukan copy rumus untuk semua pasangan kategori, kemudian atur digit desimalnya seperti berikut.


Interpretasi

Berdasarkan tabel pada poin 3 dapat diketahui kondisi tingkat kadar gula darah berdasarkan status kesembuhan pasien. Pasien yang sembuh proporsinya lebih tinggi pada pasien dengan kadar gula normal, Sedangkan pasien yang meninggal proporsinya lebih besar untuk pasien dengan kadar gula yang
sangat tinggi.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Perbandingan Proporsi dan Ukuran Kecenderungan, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!