๐ Daftar Isi
Pengertian
Dalam kehidupan sehari hari pasti kita sering mengalami berbagai masalah yang diharuskan untuk memilih suatu kondisi tertentu. Begitu juga dalam pembuatan program sering ditemui berbagai masalah, salah satu masalah tersebut yaitu proses seleksi seleksi atau pemilihan statemen atau biasa disebut dengan percabangan pemilihan. Percabangan adalah suatu pemilihan statemen yang akan dieksekusi dimana pilihan tersebut didasarkan atas kondisi tertentu untuk mengarahkan perjalanan suatu proses. Artinya statemen yang terdapat pada suatu blok percabangan akan dieksekusi jika kondisi yang didefinisikan terpenuhi (bernilai benar) tetapi jika kondisi tersebut tidak terpenuhi (bernilai salah) maka statemen tersebut tidak akan dieksekusi atau diabaikan oleh compiler.Penyeleksian kondisi dapat diibaratkan sebagai katup atau kran yang mengatur jalannya air. Bila katup terbuka maka air akan mengalir dan sebaliknya bila katup tertutup air tidak akan mengalir atau akan mengalir melalui tempat lain.
Pemilihan kondisi adalah proses penentuan langkah berikutnya berdasarkan proses yang terjadi sebelumnya. Pemilihan kondisi ini sangat penting dalam pemrograman sebab dengan adanya seleksi kondisi, program dapat menentukan proses apa yang harus dilakukan selanjutnya berdasarkan keadaan sebelumnya. Sehingga nampak seolah olah program dapat berpikir dan mengambil keputusan. Disinilah letak kekurangan komputer yaitu tidak mampu berpikir sendiri, semua hal yang dilakukan adalah berdasarkan perintah. Dalam memprogram seringkali digunakan suatu percabangan untuk pengambilan keputusan dari sejumlah pilihan yang mungkin. Bahasa pemrograman menyediakan pernyataan IFโฆTHEN dan kata kunci yang lain seperti CASE untuk melakukan suatu percabangan.
Struktur runtutan (sequence) hanya terdapat pada program sederhana. Pada umumnya masalah yang akan diselesaikan memiliki beberapa alternatif pelaksanaan aksi. Suatu aksi hanya dapat dilakukan bila persyaratan atau kondisi tertentu dipenuhi. Jadi dalam memecahkan masalah, kita harus menganalisis kasus kasus apa saja yang mungkin ada, lalu aksi apa yang dilakukan bila suatu kasus dimasuki. Adanya pemilahan kasus kasus menyebabkan terjadinya pemilihan instruksi di dalam algoritma, tergantung pada kasus yang memenuhi. Misalnya, dalam kondisi cuaca dingin
โIf it is cold then put your coat on!โ
Notasi algoritmik untuk analisis dengan satu kasus adalah dengan menggunakan struktur If then
if kondisi then
aksi
endif
Aksi sesudah kata then (dapat berupa satu atau lebih aksi) hanya akan dilakukan apabila kondisi bernilai benar true), sebaliknya apabila kondisi bernilai salah false), tidak ada aksi apapun yang dikerjakan. Kata endif sengaja ditambahkan untuk mempertegas awal dan akhir struktur if then.
Contoh:
if (age<18) then
writeln('Maaf, usia Anda belum mencukupi');
Sebuah program tidak selamanya akan berjalan dengan mengikuti struktur berurutan kadang kadang kita perlu merubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat ke baris tertentu. Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan pemilihan atau keputusan.
Contoh Program Pascal
Contoh 1
Berikut ini contoh struktur pemilihan untuk masalah batasan umur.
Sebuah aturan untuk menonton sebuah film tertentu adalah sebagai berikut, jika usia penonton lebih dari 17 tahun maka penonton diperbolehkan dan apabila kurang dari 17 tahun maka penonton tidak diperbolehkan nonton.
Contoh 2
Berikut ini contoh program pascal credit card.
program pascalcredit1;
const
limit=1000000;
var
jumlah:real;
begin
write('Masukkan jumlah : ');readln(jumlah);
if jumlah <= limit then
writeln('Tagihan Anda diterima '); {Akhir pernyataan
if}
writeln('Tekan ENTER untuk keluar ...');
readln;
end.
Program di atas juga dapat dikembangkan menjadi dua kondisi sebagai berikut.
program pascalcredit2;
const
limit=1000000;
var
jumlah:real;
begin
write('Masukkan jumlah : ');readln(jumlah);
if jumlah<=limit then
writeln('Tagihan Anda diterima.');
if jumlah>limit then
writeln('Jumlah tersebut melebihi batas limit kredit Anda.');
writeln('Terima kasih telah menggunakan kartu kredit Anda');
writeln('Tekan ENTER untuk keluar');
readln;
end.
Dalam pembuatan program kartu kredit di atas, kita dapat juga memanfaatkan blok pada program yaitu menggunakan begin – end seperti berikut.
program pascalcredit2;
const
limit=1000000;
var
jumlah:real;
begin
write('Masukkan jumlah : ');readln(jumlah);
if jumlah<=limit then
begin
writeln('Tagihan Anda diterima.');
end;
if jumlah>limit then
begin
writeln('Jumlah tersebut melebihi batas limit kredit Anda.');
end;
writeln('Terima kasih telah menggunakan kartu kredit Anda');
writeln('Tekan ENTER untuk keluar');
readln;
end.
Materi Lengkap
Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Konsep Pemilihan, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.