fbpx

NIK Presiden Bocor, Loh Bukannya NIK Memang Mudah Ditebak? Begini Caranya

Beberapa minggu yang lalu, bocornya sertifikat vaksin presiden Jokowi menjadi trending di dunia maya selama berhari-hari. Bocornya sertifikat vaksin tersebut dikarenakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Jokowi bocor oleh KPU, memang sengaja dibocorkan dengan seizin Presiden yang saat ini mencalonkan diri menjadi calon Presiden.

Saya sebenarnya saya sendiri juga masih mencari-cari, sebenarnya apa masalahnya kalau NIK bocor? Bukannya memang NIK tersebut dengan mudahnya ditebak ya? Jika dihitung menggunakan formula kombinatorika, angka dalam NIK yang berjumlah 16 digit akan menghasilkan sebanyak 1016 kombinasi atau 100 kuadriliun.

Eits, tunggu dulu. Jika dicermati, ternyata nggak sampai sebanyak itu loh. Faktanya, 16 digit NIK terbagi menjadi tujuh bagian dengan setiap bagiannya merepresentasikan atribut data kependudukan Anda. Berikut ulasannya.


6 digit pertama menunjukkan domisili

Saya ternyata salah menduga 6 digit pertama ini terdapat 106 atau 10 juta kombinasi. Keenam digit tersebut yakni dengan rincian: 2 digit pertama merupakan kode provinsi, 2 digit kedua merupakan kode kabupaten, 2 digit ketiga merupakan kode kecamatan. Dari informasi tersebut maka jumlah kemungkinan 6 digit pertama sama dengan jumlah kecamatan di Indonesia. Menurut data dari BPS, terdapat 7.252 kecamatan di Indonesia pada tahun 2019.

Angka 7.252 mungkin lebih sangat-sangat kecil dari perkiraan sebelumnya 10 juta kombinasi. Akan tetapi, jika angka tersebut dicobakan satu-satu ke dalam dashboard Peduli Lindungi akan membutuhkan waktu yang lama. Cara satu-satunya yang sangat mudah adalah dengan mengetahui domisili target. Publik figur seperti Jokowi sudah pasti kita semua mengetahui domisili beliau. Teman-teman dekat kita juga dapat menjadi target manis. Selain itu, orang jauh pun dapat disasar dengan mengorek informasi dari sosial medianya. So, jangan sembarangan membagikan informasi pribadi ya. Ohya, kode provinsi, kode kabupaten/kota, hingga kode kecamatan ada kok dan memang disebarluaskan untuk mempermudah pendataan penduduk.

4 digit berikutnya menunjukkan tanggal dan bulan lahir

Dugaan sebelumnya, tentu saja 4 digit tersebut akan menghasilkan 10 ribu kombinasi. Jika ditelisik, 2 digit pertama menunjukkan tanggal lahir dan 2 digit berikutnya menunjukkan bulan lahir. Jika perempuan, pada tanggal lahir ditambah 40. Oleh karena itu, maka 4 digit tersebut akan menghasilkan 730 kombinasi yang didapat dari perkalian jumlah hari dalam setahun tahun yakni 365 hari dan 2 jenis kelamin. Sama seperti teknik untuk menebak 6 digit pertama, 4 digit ini juga dapat dengan mudah kita tebak manakala kita dapat mengetahui tanggal kelahiran target. Teman dekat, tentu dengan mudahnya akan dapat tertebak. Publik figur cari saja biodatanya di Google. Jika orang lain? Cari saja di media sosial, Facebook misalnya. Hayo, yang masih punya akun Facebook segera diamankan ya informasi ulang tahunnya.

2 digit berikutnya menunjukkan tahun lahir

Dari data BPS pada tahun 2020, angka harapan hidup laki-laki mencapai 69,59 tahun sedangkan perempuan 73,46 tahun. Anggap saja secara rata-rata orang yang paling tua yang sampai saat ini masih hidup berumur 70 tahun atau kelahiran 1950. Maka, untuk 2 digit yang menunjukkan tahun lahir ini hanya akan terdapat 70 kemungkinan kombinasi. Sama dengan sebelumnya, tahun lahir juga dapat dengan mudah ditemukan di internet, di media sosial milik target.

4 digit terakhir menunjukkan nomor urut penerbitan

Jika keduabelas digit sebelumnya tadi sama, yang artinya memiliki domisili yang sama sampai level kecamatan, jenis kelamin sama, dan kelahiran yang sama, maka pembedanya adalah 4 digit terakhir ini. Tenang saja, 4 digit terakhir ini nggak bakal sampai 9999 kok. Kasus kesamaan keduabelas digit ini akan tergantung dengan kepadatan daerahnya. Jika wilayahnya padat, dimungkinkan akan sampai pada 100 kemungkinan, jika daerahnya sepi ya paling banter 10. Untuk 4 digit terakhir ini, kita nggak bisa ini nebak-nebak lagi. Satu-satunya yang dapat dilakukan ya langsung mencobanya pada dashboard Peduli Lindungi. Saya akan mengambil angka 20 kemungkinan kombinasi pada 4 digit terakhir untuk perhitungan akhir.


Berdasarkan uraian 16 digit NIK tersebut, maka banyak kemungkinan kombinasi NIK yang dapat ditebak jika target bukan sama sekali orang yang kita kenal dan jejak digital target aman (diketahui target nggak Facebook-an) dihitung sebagai berikut.

Menebak Mr. X, tidak ada informasi sama sekali

Kombinasi NIK = 7252ร—730ร—70ร—20 = 7.411.544.000 kombinasi

Menebak Mr. X, jika diketahui jenis kelaminnya saja

Kombinasi NIK = 7252ร—365ร—70ร—20 = 3.705.772.000 kombinasi

Bagaimana jika biodata sudah kadung tersebar? Domisili, dan tanggal lahir sudah kadung dibagikan di profil Facebook. Ah, mana sudah lupa kata sandinya.

Menebak Mr. X, jika diketahui domisili, jenis kelamin, dan tanggal lahir

Kombinasi NIK = 1ร—1ร—1ร—20 = 20 kombinasi

Tanpa melihat terlebih dahulu NIK, kamu dapat mempraktikkannya untuk diri kamu sendiri. Jika berhasil, cobalah untuk menebak NIK orang tuamu, pacarmu, atau teman dekatmu. Selamat mencoba.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up