fbpx

Strategi Marketing | Hubungan E-Commerce dan Hari Rabu

๐Ÿ“‹ Daftar Isi

Latar Belakang

Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-4 penduduk terbanyak di dunia. Berdasarkan proyeksi BPS dari data hasil sensus penduduk 2010, jumlah penduduk Indonesia sekitar 265 juta jiwa pada tahun 2018. Jumlah penduduk yang semakin meningkat juga memicu jumlah pengguna internet yang semakin meningkat, didukung juga dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Sumber: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Jumlah pengguna internet diperkirakan telah mencapai 60% dari total penduduk Indonesia atau sebesar 159 juta jiwa. Besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia menjadikannya sebagai pasar yang sangat potensial di bidang e-commerce.


E-Commerce

E-Commerce atau Electronic Commerce Concept adalah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia mengakibatkan perubahan pola belanja masyarakat yang semakin bergeser ke elektronik atau online shopping.

Conversion Rate

Salah satu indikator yang mencerminkan kesuksesan di bidang e-commerce adalah conversion rate. Conversion rate sendiri merupakan persentase kunjungan situs yang berujung pada pembelian produk. Nilai conversion rate mencerminkan aktivitas pemasaran e-commerce dan efektivitas situsnya.

Korelasi E-Commerce dan Hari Rabu

Apakah akhir pekan akan menjadi waktu yang tepat bagi perusahaan e-commerce untuk memberikan penawaran dan diskon spesial? Belum tentu.

Conversion Rate E-Commerce
Gambar dari iprice

Berdasarkan laporan dari i-price, sebuah platfrom afiliasi, nilai conversion rate harian dalam 1 minggu dengan menggunakan hari Senin sebagai acuan, nilai conversion rate hari Rabu lebih tinggi 12%. Sedangkan pada akhir pekan justru menurun. Faktor utama yang mempengaruhi penurunan conversion rate di akhir pekan ini adalah terjadinya peningkatan yang tajam pada persentase penggunaan mobile. Hal ini tidaklah mengejutkan, mengingat persentase kunjungan situs tidak serta-merta meningkatan conversion rate. Jadi, hari Rabu adalah puncak transaksi online dan terjadi peningkatan nilai conversion rate mingguan walau hanya sebesar 12%.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Menjawab, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!